Kegiatan Forum Group Discussion Marketing Telomsel merupakan kolaborasi antara Perusahaan Telkomsel dengan Telkom University di area Jawa dan Bali. Pada tanggal 19 Juli 2023, pewakilan Prodi S1 Ilmu Komunikasi telah mengikuti kegiatan acara Forum Group Disscusion Marketing Telkomsel sebagai pemateri. Kegiatan ini dilaksanakan di Telkomsel Office Surabaya dengan mengangkat tema effective selling communication selama satu sesi acara atau sekitar dua jam pematerian. Selain dari Telkom University, pada Forum Group Discussion ini juga terdapat pemateri dari perusahaan ternama Sampoerna. Forum ini dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.
Kegiatan Forum Group Discussion ini bertujuan untuk melakukan pelatihan intensif dengan seluruh pemenang dan perwakilan outlet secara berurutan, yang mana sebelumnya Telkomsel menggelar kompetisi agen penjualan antar para outlet nya se-Jawa Bali. Telkomsel memilih tema effective selling communication memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai penjualan yang efektif serta meningkatkan angka penjualan. Pada forum ini juga dibutuhkan pembicara yang menguasai materi mengenai komunikasi dan strategi penjualan untuk memberikan perspektif dan pengetahuan baru untuk para agen penjualan.
Sebagai pemateri, pada forum kali ini Dini Salmiyah Fithrah mengawali pembahasan dengan menunjukkan diagram “The Skills to Success” dengan persentase komunikasi menjadi yang paling tinggi yaitu 90%. Lalu dilanjutkan dengan menampilakan slogan “Great Leaders is Great Communicator”. Pematerian inti dimulai dengan menjelaskan mengenai powerful speaking, yang artinya berbicara harus dengan ‘loud’ dan ‘clear’. Clear dalam berbicara diartikan sebagai kejelasan, seperti intonasi, artikulasi, aksentuasi atau penguatan kata, dan kecepatan dalam berbicara. Tentunya berbicara secara jelas akan mempermudah dalam menyampaikan pesan kepada penerima. Pada forum ini pun pemateri memberikan contoh serta tips bagaimana cara berbicara secara jelas dan tepat dalam penggunaan intonasi, atikulasi, aksentuasi, dan kecepatannya.
Selain komunikasi secara verbal, ada juga komunikasi secara non verbal yang dapat digunakan dengan bahasa tubuh atau body language. Tentunya dalam menggunakan body language ini tidak bisa dengan cara yang asal-asalan, ada pula ilmu nya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan body language ialah gesture, postur tubuh, eye contact, senyuman, cara duduk dan cara berjalan secara formal. Bahasa tubuh yang baik dan benar akan membuat lawan bicara merasa dihargai, sehingga pesan dapat diterima dengan baik dan memperbesar peluang dalam penjualan.
Materi selanjutnya yang dibahas ialah mengenai filler word atau meaningless word yang merupakan sebuah suara atau kata yang diucapkan sebagai jeda untuk berpikir tanpa memberikan kesan bahwa pembicaraan telah diakhiri, kemudian disampaikan juga bagaimana cara mengatasi filler word. Materi terakhir ialah mengenai empat tipe lawan bicara yaitu dominance (berorientasi pada tujuan tanpa basa basi), influence (gaul, banyak bicara), compliance (hati-hati, logis), dan steadiness (stabil, konservatif).