Home » Strategic Plan

Strategic Plan

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Ilmu Komunikasi  disusun mengacu kepada visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas yang ada di dalam dokumen Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Komunikasi dan Bisnis tahun 2014 yang disusun untuk mendukung visi Universitas Telkom. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi dilakukan dalam rapat yang melibatkan struktural program studi dan fakultas melalui mekanisme sebagai berikut:

No Sasaran Strategis Indikator Keberhasilan
1 Terciptanya tata kelola program studi sesuai dengan prinsip Good University Governance 1. Sertifikat ISO
2. civitas akademika program studi
3. Jumlah maksimal mahasiswa DO/Undur Diri
4. Tingkat kepuasan terhadap pengajaran


2 Meningkatnya Daya Saing Lulusan di Tingkat Nasional dan Internasional 1.     Tingkat kepuasan pengguna lulusan
2.     Waktu tunggu lulusan
3.     Rasio lulusan tepat waktu
4.     Score TOEFL minimal 450
5.     Jumlah Student Exchange
6.     Lulusan yang bekerja di luar negeri
7.     Jumlah Lecture Exchange
8.     Lulusan yang bersertifikasi


3 Tercapainya peningkatan kualitas dan kuantitas dosen 1.     Rasio jumlah dosen yang ber-JFA asisten ahli dan lector
2.     Rasio jumlah dosen yang ber-JFA Lektor Kepala dan Guru Besar
3.     Jumlah celebrity profesor
4.     Rasio jumlah dosen yang berpendidikan S3
5.     Jumlah dosen yang mendapat beasiswa


4 Tercapainya peningkatan kualitas, dan kuantitas mahasiswa dan lulusan 1.     Jumlah prestasi mahasiswa
2.     Jumlah mahasiswa asing
3.     Jumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa


5 Terwujudnya budaya penelitian di kalangan civitas akademika 1.     Jumlah dosen yang mendapat hibah pengajaran, penelitian, abdimas, publikasi.
2.     Jumlah kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan seluruh civitas akademik
3.     Jumlah kerjasama penelitian dengan universitas atau lembaga penelitian (sudah per prodi)
4.     Rata-rata jumlah publikasi ilmiah Internasional terindeks
5.     Jumlah sitasi pada publikasi ilmiah per tahun
6.     Jumlah HAKI/PATEN
7.     Jumlah Buku Ajar yang diterbitkan


6 Meningkatnya jiwa kewirausahaan 1.     Jumlah kegiatan kemahasiswaan yang terkait dengan kewirausahaan


7 Meningkatnya Pemanfaatan Hasil Inovasi Bagi Masyarakat 1.     Jumlah kerjasama profit
2.     Jumlah kerjasama nonprofit
3.     Jumlah dosen yang menjadi anggota assosiasi profesi nasional dan internasional