Angkat Ide tentang Sampah, Mahasiswa Ikom Tel-U Juara Dua Kompetisi Menulis Nasional

BANDUNG, TEL-U – Ni Made Anidya Jati, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University (Prodi Ikom FKB Tel-U) berhasil meraih gelar Pemenang Kedua dalam ajang Kompetisi Menulis tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh PT. Semen Gresik, tbk. Kompetisi menulis dengan tema “Kokohkan Kemerdekaan Indonesia” ini berlangsung pada tanggal 3-31 Agustus 2016 dan pemenang diumumkan pada tanggal 7 September 2016.

Dalam kompetisi ini, Anidya memilih sub tema tentang “Jika aku menjadi orang terkaya di Indonesia, apa yang akan aku lakukan?”. Melalui sub tema tersebut, Anidya mengangkat topik tentang sampah. Anidya menuturkan, sampah di Indonesia menjadi suatu permasalahan dan pemanfaatan sampah hanya sebatas daur ulang saja. Apalagi sampah plastik juga hanya sering dijual ke pemulung dan hasil yang didapatkan tidak seberapa. “Untuk itulah saya menggagaskan ide bernama ‘trash exchange’,” ujar Anidya.

Trash exchange mengajak masyarakat untuk menukarkan sampah yang ada dengan promo-promo yang berlaku, seperti misalnya ditukarkan dengan liburan, gadget terbaru, dan lain sebagainya.  Selain itu uang dari penukaran sampah tersebut bisa diakumulasikan untuk dibelanjakan atau digunakan dikemudian hari.

Anidya menjelaskan, ide miliknya ini terinspirasi dari salah satu bank sampah yang terdapat di Bali. Di bank sampah tersebut, satu botol air mineral ditukar dengan uang sebesar Rp. 50,00. “Dengan hasil penukaran yang sedikit keinginan masyarakat untuk menukarkan sampah juga tidak besar,” ujarnya.

Untuk itulah Anidya berharap, semoga jika sampah dikumpulkan dan ditukarkan dalam bentuk uang bisa diakumulasikan dan bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi lagi. “Sampah itu banyak dan bagaimana cara membuat sampah itu bisa menghasilkan dan membuat negara kita makmur,” ujar Anidya. (purel/ead)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =