Home » About Us

About Us

Program Ilmu Komunikasi mempunyai dua peminatan yaitu peminatan marketing communication dan broadcasting. Sistem pembelajaran dan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan berbasis ICT.  Hal ini terlihat dari semua fasilitas pembelajaran berbasis ICT, semua kelas dilengkapi dengan in focus, jaringan wifi yang sangat mendukung proses pencarian informasi, sistem presensi perkuliahan, nilai perkuliahan, sistem perwalian, pendaftaran seminar proposal/skripsi semua berbasis sistem informasi Igracias. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi resmi dibuka pada tahun akademik 2008/2009 seiring dengan berubahnya status Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom menjadi Institut Manajemen Telkom berdasarlkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 64/D/08 tanggal 28 Maret 2008. Setelah berjalan selama hampir tiga tahun dan telah memenuhi persyaratan akreditasi program studi maka Program Studi S1 Ilmu Komunikasi di akhir tahun 2010 berupaya untuk mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan harapan memenuhi quality assessment and assurance

            Fasilitas lengkap penunjang pembelajaran juga dapat dipergunakan mahasiswa yaitu laboratorium radio, televisi, fotografi dan multimedia. Sarana pembelajaran bukan hanya didapatkan di kelas dan di laboratorium, mahasiswa juga difasilitasi dengan sarana berdiskusi dan mengembangkansoftskill melalui wadah klub-klub mahasiswa diantaranya klub Ready Radio, klub Kofi Fotografi, klub Ikom Channel serta klub ICT.

            Desain kurikulum pembelajaran Program Studi Ilmu Komunikasi dibuat dengan melibatkan praktisi dan akademisi melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sehingga kurikulum yang dijalankan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan industri. Selain menghasilkan lulusan Ilmu Komunikasi yang siap pakai dan dibutuhkan semua industri komunikasi, diharapkan juga mampu menjadikan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur dalam bidang komunikasi karena sudah dibekali pengetahuan dan keahlian yang didapatkan dalam kegiatan pembelajaran kewirausahaan.

 

Communication Department has two specializations.  There are marketing communications and broadcasting.  The system of teaching and learning has complete facilities and ICT-based. It can be seen from all ICT-based learning facilities, every classroom is equipped with in focus, wifi network that supports the search of information process, lectures attendance system, scoring system, trusteeship system, registration of proposal research seminar/undergraduate thesis seminar are all based on IGRACIAS information system.

The complete facilities can also be used to support students learning facilities.  There are radio laboratory, television, photography room and multimedia. The facility is not only found in the classroom and the laboratory, they are also facilitated by discussion hall and lot of clubs to develop students soft skills, such as Ready Radio clubs, Kofi Photography club, Ikom Channel club and ICT club.

The learning curriculum design of Communication Department is composed by the involvement of practitioners and academicians through Focus Group Discussion (FGD) so that the curriculum is carried out in accordance with the demands and needs of the industry. In addition, it is expected to make all graduates to have the entrepreneurial spirit in the field of communication.  They have equipped by the knowledge and skills in entrepreneurial learning activities.

 

 VISI

Menjadi program studi yang bertaraf internasional yang mampu memberikan insfirasi bagi para profesional dalam bidang komunikasi berbasis teknologi informasi pada tahun 2021

To become an international study program where is capable in providing inspiration for professionals in the field of communication that based on information and technology in 2021.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional dalam bidang komunikasi
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu komunikasi berbasis teknologi informasi
  3. Menghasilkan karya cipta unggul dalam bidang ilmu komunikasi   untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk konsultasi, pelatihan, dan bimbingan untuk memecahkan masalah-masalah komunikasi

 

  1. Organizing and developing the international standard education in the field of communication
  2. Developing and disseminating the knowledge in the field of communication science that based on information and technology
  3. Generating a prominent work in the field of communication science to the welfare and progression of civilization
  4. Carrying out the community service works to the society in the form of consultancy, training, and guidance to solve the communication problems.

      TUJUAN/GOALS

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang Ilmu Komunikasi, sehingga mampu bersaing dalam skala internasional.
  2. Mengembangkan bidang ilmu komunikasi melalui budaya riset dan jiwa kewirausahaan ;
  3. Menghasilkan karya dan inovasi dalam bidang ilmu komunikasi yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat ;
  4. Mendapatkan kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan dalam bidang ilmu komunikasi.
  5. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang ilmu komunikasi , sehingga mampu bersaing dalam skala internasional;

 

  1. Producing competent graduates in the field of communication, so they can compete on an international scale.  
  2. Developing the communication science through research culture and entrepreneurship;
  3. Producing work and innovation in the field of communication science which are useful for improving the quality of life;
  4. Earning the trust from all stakeholders in the field of communication science.
  5. Producing competent graduates in the field of communication, so they can compete on an international scale.